Facebook MAN IC

Home » , » 9 langkah Pendaftaran Online MAN Insan Cendekia Tahun 2017

9 langkah Pendaftaran Online MAN Insan Cendekia Tahun 2017

Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh oleh peserta didik yang ingin melakukan pendaftaran online PPDB MAN Insan Cendekia 2017:
1. Pembuatan Akun
Untuk dapat melakukan pendaftaraan PPDB secara online, peserta diharuskan untuk membuat akun
PPDB Online. Pembuatan akun PPDB Online menggunakan email dan NIK calon peserta PPDB.

2. Mengisi Formulir PPDB
Setelah akun dibuat, tahap selanjutnya adalah mengisi formulir PPDB. Formulir PPDB berisi mengenai informasi peserta PPDB Online secara lengkap.

3. Memilih Jalur PPDB Online
Secara umum terdapat dua jalur PPDB Online, yaitu jalur Tes dan jalur Prestasi. Terdapat dua tipe jalur tes, yaitu jalur Reguler dan juga jalur Hafiz. Sedangkan jalur prestasi merupakan jalur tanpa tes, apabila peserta dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai siswa berprestasi, maka akan diterima ke Man Insan Cendekia secara langsung.

4. Input Data dan Rekomendasi Sekolah/ Madrasah Asal
Peserta mengisi data mengenai asal sekolah atau madrasah sesuai form yang ada. Dalam menu ini peserta diwajibkan untuk upload surat rekomendasi dari sekolah atau madrasah asal. Bagi peserta yang memilih jalur Hafiz akan diminta untuk mengisi formulir tambahan mengenai data hafalan AlQuran. Sedangkan bagi peserta yang memilih jalur prestasi akan mengisi formulir tambahan mengenai data prestasi yang telah dicapai.

5. Input Nilai Rapor Semester 1-5
Pada tahap ini peserta mengisikan nilai rapor pada semester 1-5 dari sekolah atau madrasah asal. Nilai yang diinputkan mengguanakan skala 0-100. Apabila nilai rapor dari sekolah atau madrasah asal menggunakan skala 1-4, maka diperlukan untuk konversi skala nilai adri skala 1-4 menjadi 0-100. Konversi nilai dapat dilakukan oleh sekolah atau madrasa asal.

6. Memilih MAN Insan Cendekia
Peserta memilih MAN Insan Cendekia sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi. Untuk jalur reguler dapat memilih 1 lokasi atau 2 lokasi. Untuk jalur prestasi diharuskan memilih 2 lokasi.

7. Upload Dokumen
Secara umum terdapat 3 dokumen yang harus diupload, yaitu upload pas foto, upload rapor kelas IX semester 1 (gasal), dan juga akta kelahiran. Bagi calon peserta kurang mampu akan diminta untuk menyertakan bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG sesuai kartu yang dimiliki.

8. Memilih Lokasi Tes
Memilih lokasi dilaksanakannya tes PPDB

9. Cetak Kartu Pendaftaran
Jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar, maka peserta dapat mencetak kartu pendaftaran sebagai bukti telah terdaftar dalam PPDB Online.

*****
PENDAFTARAN ONLINE (1 Februari - 25 Februari 2017)

Untuk mempermudah pada saat pendaftaran online, silahkan diisi formulir offline terlebih dahulu.
Formulir offline bisa diunduh pada tautan dibawah ini:
Formulir Offline PPDB 2017

Untuk wilayah Aceh, jika mengalami kesulitan pada saat pendaftaran online bisa menghubungi: 
0823-1221-0775 (Nurul Qamar)
ppdbmanicat@gmail.com

Previous
« Prev Post