Facebook MAN IC

Home » , » 9 langkah Pendaftaran Online MAN Insan Cendekia Tahun 2019

9 langkah Pendaftaran Online MAN Insan Cendekia Tahun 2019


Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh oleh peserta didik yang ingin melakukan pendaftaran online SNPDB MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2019/2020:
1. Pembuatan Akun
Untuk dapat melakukan pendaftaraan SNPDB secara online, peserta diharuskan untuk membuat akun di Website SNPDB Online. Pembuatan akun SNPDB Online menggunakan email dan NIK calon peserta didik.

2. Mengisi Formulir SNPDB
Setelah akun dibuat, tahap selanjutnya adalah mengisi formulir SNPDB. Formulir SNPDB berisi mengenai informasi biodata peserta SNPDB Online secara lengkap.

3. Memilih Jalur SNPDB Online
Secara umum terdapat dua jalur SNPDB Online, yaitu Jalur Reguler dan Jalur Prestasi. Jalur prestasi merupakan jalur tanpa tes, dimana jika peserta dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai siswa berprestasi, maka akan diterima ke MAN Insan Cendekia secara langsung.

4. Input Data dan Rekomendasi Sekolah/ Madrasah Asal
Peserta mengisi data mengenai asal sekolah atau madrasah sesuai form yang ada. Dalam menu ini peserta diwajibkan untuk upload surat rekomendasi dari sekolah atau madrasah asal. Bagi peserta yang memilih jalur prestasi akan mengisi formulir tambahan mengenai data prestasi yang telah dicapai.

5. Input Nilai Rapor Semester 1-5
Pada tahap ini peserta mengisikan nilai rapor pada semester 1-5 dari sekolah atau madrasah asal. Nilai yang diinputkan mengguanakan skala 0-100. Apabila nilai rapor dari sekolah atau madrasah asal menggunakan skala 1-4, maka diperlukan untuk konversi skala nilai dari skala 1-4 menjadi 0-100. Konversi nilai dapat dilakukan oleh sekolah atau madrasah asal.

6. Memilih MAN Insan Cendekia
Peserta memilih MAN Insan Cendekia sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi. Untuk jalur reguler dapat memilih 2 pilihan MAN IC. Untuk jalur prestasi diharuskan memilih 2 lokasi.

7. Upload Dokumen
Secara umum terdapat 3 dokumen yang harus diupload, yaitu upload pas foto, upload rapor kelas IX semester 1 (gasal), dan juga akta kelahiran. Bagi calon peserta kurang mampu akan diminta untuk menyertakan bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG sesuai kartu yang dimiliki.

8. Memilih Lokasi Tes
Memilih lokasi dimana peserta akan mengikuti tes SNPDB

9. Cetak Kartu Pendaftaran
Jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar, maka peserta dapat mencetak kartu pendaftaran sebagai bukti telah terdaftar dalam SNPDB Online.

*****
PENDAFTARAN ONLINE (18 Februari - 15 Maret 2019.

Untuk wilayah Aceh, jika mengalami kesulitan pada saat pendaftaran online bisa menghubungi:  
Nurul Qamar       : 0823-1221-0775
Rudi Adriansyah  : 0852-6082-6395
Surya Putra        : 0821-6485-4143 (WhatsApp)
E-mail                : acehtimur.manic@gmail.com



Previous
« Prev Post